Newest Post

// Posted by :DIANSYAH19 // On :Selasa, 10 Januari 2017


Perkembangan yang pesat di bidang pengumpulan data dan teknologi penyimpanan di berbagai bidang, menghasilkan basis data yang terlampau besar. Namun, data yang dikumpulkan jarang dilihat lagi, karena terlalu panjang, membosankan, dan tidak menarik. Seringkali, keputusan -yang katanya berdasarkan data- dibuat tidak lagi berdasarkan data, melainkan dari intuisi para pembuat keputusan. Sehingga, lahirlah cabang ilmu penggalian data ini.

Definisi
Data Mining (Penggalian data) adalah ekstraksi pola yang menarik dari data dalam jumlah besar. Suatu pola dikatakan menarik apabila pola tersebut tidak sepele, implisit, tidak diketahui sebelumnya, dan berguna. Pola yang disajikan haruslah mudah dipahami, berlaku untuk data yang akan diprediksi dengan derajat kepastian tertentu, berguna, dan baru. Penggalian data memiliki beberapa nama alternatif, meskipun definisi eksaknya berbeda, seperti KDD (knowledge discovery in database), analisis pola, arkeologi data, pemanenan informasi, dan intelegensia bisnis.

Proses Pencarian Pola
Penggalian data adalah salah satu bagian dari proses pencarian pola. Berikut ini urutan proses pencarian pola:
1.       Pembersihan Data: yaitu menghapus data pengganggu (noise) dan mengisi data yang hilang.
2.       Integrasi Data: yaitu menggabungkan berbagai sumber data.
3.       Pemilihan Data: yaitu memilih data yang relevan.
4.       Transformasi Data: yaitu mentransformasi data ke dalam format untuk diproses dalam penggalian data.
5.       Penggalian Data: yaitu menerapkan metode cerdas untuk ekstraksi pola.
6.       Evaluasi pola: yaitu mengenali pola-pola yang menarik saja.
7.       Penyajian pola: yaitu memvisualisasi pola ke pengguna.
Data mining adalah kegiatan mengekstraksi atau menambang pengetahuan dari data yang berukuran/berjumlah besar, informasi inilah yang nantinya sangat berguna untuk pengembangan. Dimana langkah-langkah untuk melakukan data mining adalah sebagai berikut :


        Data cleaning (untuk menghilangkan noise data yang tidak konsisten) Data integration (di mana sumber data yang terpecah dapat disatukan)
        Data selection (di mana data yang relevan dengan tugas analisis dikembalikan ke dalam database)
        Data transformation (di mana data berubah atau bersatu menjadi bentuk yang tepat untuk menambang dengan ringkasan performa atau operasi agresi)
        Data mining (proses esensial di mana metode yang intelejen digunakan untuk mengekstrak pola data)
        Pattern evolution (untuk mengidentifikasi pola yang benar-benar menarik yang mewakili pengetahuan berdasarkan atas beberapa tindakan yang menarik)
        Knowledge presentation (di mana gambaran teknik visualisasi dan pengetahuan digunakan untuk memberikan pengetahuan yang telah ditambang kpada user).

Arsitektur Data Mining
Arsitektur dari data mining yang khas memiliki beberapa komponen utama yaitu :
        Database, data warehouse, atau tempat penyimpanan informasi lainnya.
        Server database atau data warehouse.
        Knowledge base
        Data mining engine.
        Pattern evolution module.
        Graphical user interface.
Ada beberapa jenis data dalam data mining yaitu :
        Relation Database : Sebuah sistem database, atau disebut juga database management system (DBMS), mengandung sekumpulan data yang saling berhubungan, dikenal sebagai sebuah database, dan satu set program perangkat lunak untuk mengatur dan mengakses data tersebut.
        Data Warehouse : Sebuah data warehouse merupakan sebuah ruang penyimpaan informasi yang terkumpul dari beraneka macam sumber, disimpan dalam skema yang menyatu, dan biasanya terletak pada sebuah site.

Implementasi (Penerapan)
Dalam bidang apasaja data mining dapat diterapkan? Berikut beberapa contoh bidang penerapan data mining:
1.       Analisa pasar dan manajemen.
Solusi yang dapat diselesaikan dengan data mining, diantaranya: Menembak target pasar, Melihat pola beli pemakai dari waktu ke waktu, Cross-Market analysis, Profil Customer, Identifikasi kebutuhan Customer, Menilai loyalitas Customer, Informasi Summary.
2.       Analisa Perusahaan dan Manajemen resiko.
Solusi yang dapat diselesaikan dengan data mining, diantaranya: Perencanaan keuangan dan Evaluasi aset, Perencanaan sumber daya (Resource Planning), Persaingan (Competition).
3.       Telekomunikasi.
Sebuah perusahaan telekomunikasi menerapkan data mining untuk melihat dari jutaan transaksi yang masuk, transaksi mana sajakah yang masih harus ditangani secara manual.
4.       Keuangan.
Financial Crimes Enforcement Network di Amerika Serikat baru-baru ini menggunakan data mining untuk me-nambang trilyunan dari berbagai subyek seperti property, rekening bank dan transaksi keuangan lainnya untuk mendeteksi transaksi-transaksi keuangan yang mencurigakan (seperti money laundry) .
5.       Asuransi.
Australian Health Insurance Commision menggunakan data mining untuk mengidentifikasi layanan kesehatan yang sebenarnya tidak perlu tetapi tetap dilakukan oleh peserta asuransi .
6.       Olahraga.
IBM Advanced Scout menggunakan data mining untuk menganalisis statistik permainan NBA (jumlah shots blocked, assists dan fouls) dalam rangka mencapai keunggulan bersaing (competitive advantage) untuk tim New York Knicks dan Miami Heat.

Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Data Mining :
-          Kemampuan dalam mengolah data dalam jumlah yang besar.
-          Pencarian Data secara otomatis.
Kekurangan Data Mining :
-          Kendala Database ( Garbage in garbage out ).
-          Tidak bisa melakukan analisa sendiri.

Kesimpulan
Data Mining merupakan suatu kelas aplikasi database yang berfungsi melakukan pencarian pola-pola tersembunyi didalam suatu kumpulan data, juga sebagai rangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual. Data mining sendiri memiliki 2 jenis yaitu Relation Database dan Data Warehouse.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Penggalian_data
http://masnajumiyati.blogspot.co.id/2012/03/contoh-kasus-data-mining_10.html

https://andyku.wordpress.com/2008/11/21/konsep-data-mining/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © DIANSYAH19 //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //