Newest Post

// Posted by :DIANSYAH19 // On :Jumat, 02 Desember 2016



Kemacetan adalah masalah yang sering kita jumpai di negara besar dan berkembang. Sering dengan pertumbuhan penduduk yang sangat signifikan dan kebutuhan akan transportasi untuk menunjang aktifitas keseharian yang tidak di dukung dengan fasilitas kendaraan umum yang nyaman dan bersahabat, mendorong beberapa orang memilih menggunakan kendaraan pribadi sebagai solusinya. Namun hal tersebut membuat volume kendaraan dijalan semakin besar dan menjadi salah satu penyebab terjadi kemacetan. Kemacetan lalulintas ini khususnya di kota-kota besar di Indonesia adalah merupakan masalah klasik yang masih belum bisa dipecahkan secara menyeluruh hingga saat ini.

Penyebab kemacetan
Kemacetan dapat terjadi karena beberapa alasan:
1.       Arus yang melewati jalan telah melampaui kapasitas jalan
2.       Terjadi kecelakaan terjadi gangguan kelancaran karena masyarakat yang menonton kejadian kecelakaan atau karena kendaran yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas,
3.       Terjadi banjir sehingga kendaraan memperlambat kendaraan
4.       Adanya rumah-rumah kumuh/bangunan liar,
5.       Kemacetan lalu lintas di Perlintasan sebidang karena adanya kereta api yang lewat,
6.       Adanya kendaraan ngetem sembarangan, dll.

Dampak negatif kemacetan
Kemacetan lalu lintas memberikan dampak negatif yang besar yang antara lain disebabkan:
1.       Kerugian waktu, karena kecepatan perjalanan yang rendah
2.       Pemborosan energi, karena pada kecepatan rendah konsumsi bahan bakar lebih rendah,
3.       Keausan kendaraan lebih tinggi, karena waktu yang lebih lama untuk jarak yang pendek, radiator tidak berfungsi dengan baik dan penggunaan rem yang lebih tinggi,
4.       Meningkatkan polusi udara karena pada kecepatan rendah konsumsi energi lebih tinggi, dan mesin tidak beroperasi pada kondisi yang optimal,
5.       Meningkatkan stress pengguna jalan,
6.       Mengganggu kelancaran kendaraan darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya

Solusi Kemacetan
Banyak cara yang digunakan berbagai negara maju dan berkembang dalam hal penanganan kemacetan mulai dari perbaikan infrastruktur jalan, perbaikan fasilitas kendaraan umum dan kenaikan tarif pajak bagi pengguna kendaraan pribadi.
Beberapa negara mengatasi kemacetan dengan caranya masing-masing, diantaranya adalah :

1.       Malaysia mengatasi kemacetan diantaranya dengan memindahkan dari Kuala Lumpur ke Putrajaya. Membangun sistem transportasi bus dan kereta api secara terintegrasi, menciptakan KL Sentral menjadi tempat pertemuan berbagai moda transportasi dalam satu kawasan, membuat sub way, transportasi massal, serta pengelola menyediakan tiket murah penggunaan bulanan yang membuat masyarakat menjadi mudah beraktivitas
2.       Rusia mengatasi kemacetan dengan membangun jalur Golden Ring yaitu jalur bus yang terintegrasi berbentuk cincin yang menghubungkan berbagai pemberhentian secara efisien dan efektif. Jalur kereta bawah tanah yang langsung berhubungan dengan pusat-pusat bisnis dibangun untuk memperkecil kemungkinan kemacetan yang terjadi di jalan raya termasuk membangun kendaraan massal berbasis listrik Mass Rapid Transportation ( MRT ).
3.       Singapura mengatasi kemacetan dengan menerapkan sistem pajak yamg mahal dan harga pasar yang tinggi terhadap kendaraan bermotor. Masyarakat hanya boleh menggunakan mobil yang sama selama 10 tahun, dan bahkan menerapkan biaya parkir yang sangat mahal, sistem dua warna plat mobil yaitu plat merah digunakan pada hari libur dengan pajak murah, sedangkan plat hitam digunakan setiap hari dengan pajak tinggi, selain itu juga menerapkan Electronic Road Pricing (ERP) dan asuransi.
4.       Jepang mengatasi kemacetan dengan melakukan pembatasan emisi terhadap setiap kendaraan dan dilakukan uji ulang setiap 2 tahun, dalam hal ini biaya semakin makin mahal untuk kendaraan tua. Biaya parkir dan tol mahal, tetapi sebaliknya disediakan sarana transportasi umum yang nyaman, aman dan murah.
Di negara dengan kapasitas penduduk yang cukup banyak seperti china bahkan telah menyiapkan konsep transportasi unik yang di beri nama “Land Airbus” atau yang lebih dikenal dengan “Straddling Bus” yaitu sebuah kendaraan besar yang tentunya sangat efektif dalam mengurai kemacetan di negeri Cina.


Kesipulan dan Saran
Banyak konsep solusi mengatasi kemcetan dari negara maju dan berkembang yang sebenarnya bisa kita terapkan di Indonesia. Salah satunya dengan bantuan Sistem Informasi Geografi yang dapat dijadikan informasi bagi pengguna jalan ketika terjadi kemacetan. Ketika mendapat informasi tersebut maka pengendara dapat mencari jalur lain dan membantu dalam hal mengurai kemacetan. Atau konsep yang bisa kita adobsi dari negara Brazil dalam menelesaikan kemacetan adalah dengan menegakan aturan alulintas, sehingga pengendara kendaraan akan tertib dan mengurangi resiko terjadina kemacetan. Konsep ini dilakukan dengan menempatkan sebuah kamera CCTV di berbagai sudut kota. Dengan bantuan teknologi yang ada, setiap pelanggar bisa dicatat nomor kendaraannya, bahkan difoto wajahnya untuk bisa ditindak kemudian. Demikian artikel yang dapat saya sajikan karena sesungguhnya kemacetan atau sesuatu masalah yang sering kita jumpai di jalan adalah karena kurangnya kesadaraan dari pengguna jalan untuk dapat bersikap adil dan tertib.

Sumber :
http://ristekdikti.go.id/iptek-solusi-komprehensif-atasi-kemacetan-lalu-lintas/#A72Pv1eOx5Qir1Rd.99
https://id.wikipedia.org/wiki/Kemacetan
http://inhabitat.com/

http://inovasipintar.com/transportasi-impian-untuk-mengatasi-kemacetan/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © DIANSYAH19 //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //